Friday, February 18, 2011

Belajar menstem/mentuning gitar

 Dalam postingan ini saya akan berbagi cara untuk para teman-teman yang baru ingin memulai bermain gitar tetapi masih awam dengan cara memainkan gitar.Untuk bermain gitar yang baik dan benar kita perlu memadukan suara senar gitar agar terdengar selaras dan enak untuk didengar. Dengan cara menstem dan mentune gitar kita agar mencapai nada yang kita inginkan.
Ini merupakan materi yang sangat vital untuk kita dalam memulai belajar bermain gitar.Berikut adalah beberapa petunjuk sederhana yang menjelaskan dasar-dasar gitar tuning standar.

  • Pada senar 6 atau string tebal dan terendah terdengar pada posisi note - E
  • Pada senar 5 - A
  • Pada senar 4 - D
  • Pada senar 3 - G
  • Pada senar 2 - B
  • Pada senar 1 - E  
Metode Standar Dalam Mentuning Gitar :

1. Langkah pertama : Mencari String E
 Pada langkah pertama ini kita harus mencari seakurat mungkin agar senar ke 6 ini menghasilkan note : E. Dengan cara mencocokanya dengan instrumen lain seperti gitar,piano dan mungkin mesin tuner.

2. Langkah Kedua   : Mencari string A
Tempatkan jari pertama kalian pada String E lalu bergeser lima fret ke belakang dari senar keenam yang sudah dituning pada nada E.Pada fret kelima tersebut memiliki nada A ,cocokan dalam mentune senar kelima.Petiklah senar keenam dan kelima secara bersamaan agar mendapatkan String A yang tepat.
How to tune the A String on a guitar







 3. Langkah Ketiga   : Mencari String D
Letakan tangan kiri anda pada String A lalu geser Lima fret kebelakang.Itu adalah note D lalu samakan dengan string A fret 5 agar mencapai String D yang sempurna.
Tuning the D String







4. Langkah Keempat : Mencari String G
Letakan tangan kiri anda pada String D lalu geser Lima fret kebelakang.Itu adalah note G lalu samakan dengan string D fret 5 agar mencapai String G yang sempurna.
Tune The G







5. Langkah Kelima   : Mencari String B
Letakan tangan kiri anda pada String G lalu geser Empat fret kebelakang.Itu adalah note B lalu samakan dengan string G fret 4 agar mencapai String D yang sempurna.
Tuning the B String, from the 4th fret of the G







6. Langkah Terakhir : Mencari String E  
Letakan tangan kiri anda pada String B lalu geser lima fret kebelakang.Itu adalah note E lalu samakan dengan string B fret 5 agar mencapai String E yang sempurna.

Tune the high e string







Terima kasih telah membaca cara bermain gitar - tune gitar standar. saya harap postingan saya kali ini berguna.Dan jika ada pertanyaan , komentar atau bahkan mempunyai tips dan trik yang lain dalam mentune/menstem gitar dapat mengajukan pada kolom komentar di bawah ini.