Monday, August 13, 2012

Mengganti Background Login Screen Windows 7

Ketika kita login pada komputer kita yang ber OS windows 7, kita pada umumnya akan dihadapkan dengan login windows seperti ini.

Login screen windows default
It's fine, gak ada yang salah dengan ini. tetapi sedikit perubahan pasti akan memberikan setuhan yang lain pada komputer kita. untuk itu untuk kali ini aurion23 akan menunjukan kepada kalian bagaimana cara mengganti background pada login screen windows 7.

Langkah pertama :

Arahkan kursor kalian pada Start menu.
Sekarang pada Start menu search box, ketikan Regedit lalu tekan Enter untuk membuka registry editor.


Langkah kedua :

Setelah kalian tekan enter maka akan muncul windows registry editor seperti yang dibawah ini :


Tampilan registry editor
Sekarang, klik kanan pada HKEY_LOCAL_MACHINE folder, lalu pilih find option.


Search windows akan muncul lalu cari OEMBackground.



Biasanya akan kita temukan pada :
Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Authentication
\LogonUI\Background
( kalian bisa navigasikan secara langsung, tetapi fungsi search mungkin membantu kita lebih cepat )

note : mungkin OEMBackground tidak ada di sistem kalian. jika terjadi kasus seperti ini, tambahkan DWORD value baru dengan nama OEMBackground.

Oke sekarang kalian double klik pada OEMbackground entry, lalu gantikan value 0 ( default value ) menjadi 1 (yang mana membuat kita mengganti background screen)


Setelah selesai tutup window registry editor kalian, lalu pada windows explore arahkan pada addresbar lalu masuk ke address berikut " %windir%\system32\oobe lalu enter.

Lalu kalian buat folder baru disana, namakan info pada foldernya ( huruf harus kecil ) lalu pada folder info buat lagi satu folder dengan nama backgrounds ( huruf kecil ).


Sekarang pilih wallpaper favorit kalian. harus dengan format jpg dan kalau bisa sizenya tidak lebih besar dari 245 kb lalu namakan dengan backgroundDefault.jpg dan taruh pada folder backgrounds yang telah dibuat sebelumnya.

Lalu restart komputer kalian.


Selamat kalian telah berhasil mengganti tampilan login screen windows kalian. ya memang ini bukan langkah yang mudah untuk mengganti background login kalian seperti menggunakan program  Windows 7 Logon Background Changer. tetapi jika kalian mengetahui bagaimana program itu bekerja, this is a good way to go.